Pendonor Darah Berkurang Selama Ramadhan

7
Kepala Unit Tranfusi Darah PMI Cabang Kota Bandung, Uke Muktimanah.

Bandung – Untuk memenuhi ketersediaan darah selama buulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 HIjriah, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bandung sampai saat ini Selena bulan Ramadhan masih terus melakukan kegiatan donor darah di sejumlah tempat.

Namun menurut Kepala Unit Tranfusi Darah PMI Cabanag Kota Bandung, Uke Muktimanah, untuk memenuhi ketersedidan darah di bulan Ramadhan ini yang biasanya mengalami penurunan 70-80 persen, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan pihak lain, seperti dengan DKM dan Gereja.

“Untuk ketersediaan darah kita 2 Minggu sebelum puasa kita perbanyak kegiatan mobil unit dari biasanya 5 kendaraan menjadi 7 unit. Selama Ramadhan ini kita bekerjasama dengan masjid selepas buka puasa, gereja di hari minggu, sekolah-sekolah dan instansi swasta,” ucapnya.

Menurut Uke, untuk mengaja ketersediaan darah pihaknya juga menghimbau kepada pihak rumah sakit maupun keluarga pasien yang memerlukan darah untuk datang ke PMIĀ  dan membawa donor pengganti.

“Kami menghimbau kepada rumah sakit yang membutuhkan darah untuk membawa donor pengganti, meski dari hasil pemeriksaan darah yang akan didonorkan tidak sama dengan kebutuhan pasien tidak masalah, itu nanti untuk pasien lain,” ucapnya.

Uke juga berharap, selama libur Idul Fitri tidak ada Kejadian Luar Biasa (KLB) hingga harus memerlukan labu darah yang banyak, namun jika terjadi pihaknya siap memenuhinya jika ketersediaan darah masih tersedia di PMI.

“Kalau kita membutuhkan labu darah yang banyak dan kita tidak tersedia, kita akan meminta bantuan ke PMI dari daerah lain,” ujar Uke, kepada wartawan di RSHS, Jumat (24/5/2019).***


Rep: Suparno Hadisaputro

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.