Masyarakat Pahami Instalasi Listrik

14
Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Iwan Ridwan.

Bandung – Musim kemarau sering menyebabkan alat alat elektronik di rumah lebih mudah panas, dimana alat-alat elektronik yang panas juga membahayakan karena dapat menimbulkan ledakan.

Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Iwan Ridwan mengatakan, untuk menjaga instalasi listrik kita sehingga terhindar dari korsleting yang menyebabkan kebakaran, konsumen dapat melakukan hal hal yang bisa membahayakan, diantaranya Jangan Otak atik meter sendiri, selain membahayakan akan dikenakan Denda pelanggaran.

“Cek instalasi arus listrik lima tahun sekali ke instalatir terakreditasi, sehingga apabila ada kabel rusak karena panas atau rusak digigit tikus segera dapat diganti dengan yang baru dan standar SNI,” ucapnya.

Selain itu menurut Iwan, Pastikan Instalasi listrik dirumah memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta Cek stecker listrik, apabila sudah berwarna hitam disekitarnya, segeralah ganti dan jangan menumpuk steker karena akan menimbilkan panas berlebihan dan menimbulkan potensi kebakaran.

“Jauhkan peralatan listrik dari benda mudah terbakar seperti gas, kertas dan jangan biarkan peralatan elektronik (seperti TV dan charger HP) menancap terlalu lama,” kata Iwan, melalui rilis yang diterima www.prssnibandung.com, Kamis (13/6/2019).***


Rep: Suparno Hadisaputro

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.