Pemkot Bandung Dukung Rumah Cemara Berlaga di HWC 2019

7
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama delegasi Rumah Cemara, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (25/6/2019).

Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung Rumah Cemara yang akan mewakili Indonesia di ajang Homeless World Cup (HWC) 2019 di Cardiff, Wales pada 24 Juli-3 Agustus 2019 mendatang.

HWC merupakan turnamen sepak bola bagi tunawisma serta orang-orang terpinggirkan. Di HWC 2019, Indonesia akan bersaing dengan 69 negara lainnya.

“Pemkot Bandung pada dasarnya selalu membantu. Selama itu bisa dilakukan,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai menerima Rumah Cemara, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (25/6/2019).

Yana sangat mengapresiasi Rumah Cemara yang sudah mampu merangkul masyarakat khsususnya para tunawisma dan orang-orang terpinggirkan. Selama ini Rumah Cemara juga telah berkontribusi pada perlehatan tersebut.

“Sudah terbukti dengan konsistensi sampai tahun ini. Indonesia mampu mengikuti dan berprestasi dalam kegiatan itu,” tuturnya.

Sementara itu, Leader Community Rumah Cemara, Indra Simorangkir mengaku siap memberangkatkan 8 pemainnya ke Cardiff. Dari para pemain tersebut, 7 di antaranya berasal dari Kota Bandung. Sedangkan sisanya warga Kabupaten Bandung.

“Kita konsisten mengirimkan para pemain yang berasal dari beberapa latar belakang. Seperti warga miskin kota, HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan Napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif),” katanya.

Ia mengakui, warga Kota Bandung mendominasi karena HWC mengumumkannya cukup mendadak. Di perhelatan sebelumnya, HWC digelar pada Oktober-November. Namun untuk HWC 2019 ini diselenggarakan Juli-Agustus.

“Meski pun demikian kita buktikan kepada dunia bahwa Indonesia mampu mengikuti perlehatan seperti ini,” tegas Indra.

Indonesia telah mengikuti HWC sejak tahun 2011. Pada debutnya, Indonesia mampu berada di peringkat keenam dan meraih penghargaan sebagai Best New Comer.

Saat ini Indonesia berada pada ranking 14 dari 70 negara yang mengikuti perlehatan HWC itu.

“Orang yang latar belakangnya seperti itu, dipastikan mempunyai kesepatan untuk maju. Dengan akses sesuai yang diminati dan intinya berkontribusi untuk masyarakat,” tuturnya.

Sejumlah pemain yang berangkat mengikuti perhelatan HWC 2019 terdiri dari: Nurdin Supriyadi (penjaga gawang), Dea Ahmad Restuna (penjaga gawang), Yudhistira Adi Reksa, Riksfian Hakim Al Qodar, Lifan Auchep. V, M Ramdan, Hendra Firdiansyah, dan Isye Sulistiawati.***

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.