Lembaga Litbang Daerah Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

78

Bandung – Dalam upaya peningkatan kapasitas Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD) tahun 2019, sebanyak 60 peserta perwakilan Lembaga Litbang Kota/ Kabupaten dan Provinsi di Indonesia mengkuti Workshop Penguatan Kelembagaan BPPD.

Direktur Lemlitbang, Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kemal Prihatman mengharapkan, kegiatan dengan tema “Bersinergi Lebih Baik”ini bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga Litbang yang ada di kota dan kabupaten,

“Kapasitas dan kapabllitas, maka Lembaga Litbang Daerah perlu ditingkatkan karena menuju Indonesia revolusi industri 4.0,” kata Kemal, pada acara Workshop Penguatan Kelembagaan BPPD, di GH Universal, Rabu (10/7/2019).

Menurut Kemal, yang paling penting bagi Lembaga Litbang Daerah kedepan yaitu penguatan kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), Standar Operasional Prosedur (SOP) serta perlunya sinergi dan kolaborasi antar lembaga, baik daerah kota/ kabupaten, provinsi maupun pusat.

“Ada beberapa hal yang bisa disinergiskan terkait dengan penempatan penyelesaian-penyelesaian kebutuhan, SDM, program, itu akan kita selesaikan,” ucapnya.

Sejumlah pembicara yang akan memberikan materi dalam kegiatan yang berlangsung mulai hari ini Rabu (10/7) hingga Kamis (11/7) di antaranya Kepala LIPI, Prof. L.T. Handoko dengan materi tentang “Potensi Hasil IPTEK untuk Daya Saing Daerah”, kemudian Kepala BPP Kemendagri, Dodi Riyadmaji dengan materi tentang “BPPD sebagai Hub Pengembangan Litbang di Daerah.”***


Rep: Suparno Hadisaputro

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.